Snap Shots

Get Free Shots from Snap.com

Learning Place

LinkWithin

LinkWithin Related Stories Widget for Blogs
All recipes are on Petitchef
Powered by Blogger.

Tangerang, Indonesia

Thursday, March 15, 2012

Roti Manis/Roti Sobek (Sweet Bread)

Masih ingatkah resep roti non bake ini , yang pernah saya posting tahun lalu?.
Kali ini saya  membuatnya dengan cara dipanggang, dengan menambahkan beberapa bahan didalamnya.

Pada dasarnya saya menggunakan resep yg sama, hanya saja saya tambahkan beberapa sendok gula supaya roti terasa lebih manis, juga keju cheddar parut.

Kalau kalian suka, roti  bisa diisi dengan selai kesukaan, coklat meisis atau keju.



Ingredients :
250 gram tepung cakra
8 sendok makan gula pasir
8 gram dry instant yeast
125 ml susu hangat
2 kuning telur
40 gram unsalted butte
keju cheddar parut secukupnya

Cara :

Panaskan oven.

Hangatkan susu sebentar saja, jangan sampai mendidih (saya menghangatkan susunya dengan cara ditim untuk menghindari supaya susu tidak mendididh), lalu masukan instant yeast, aduk rata, sisihkan.

Lalu dengan menggunakan food processor saya campur tepung, gula pasir, kuning telur dan butter sambil dituangi campuran yeast dan susu, biarkan berputar hingga tercampur rata dan kalis.

Keluarkan adonan, taruh dalam wadah bersih, tutup dengan kain bersih yg lembab biarkan ditempat yg hangat hingga mengembang 2x lipat dari ukuran semula.

Karena saya tidak mau menunggu..., saya panaskan steamer hingga mendidih airnya, matikan apinya lalu saya masukan adonan tadi, tutup rapat, adonan akan mengembang lebih cepat. 

15 menit kemudian keluarkan adonan, kempiskan adonan dengan cara meninjunya lalu bagi hingga menjadi 10 bagian, laly tata diatas loyang yang sudah disemir butter.

Semir bagian atas roti dengan susu evaporated lalu parut keju diatasnya sesuai dengan selera, bisa juga hanya ditaburi gula pasir/wijen putih/ campur adonan dengan kismis dan keju potongan.

Panggang roti dengan suhu 180 derajat celcius hingga roti kecoklatan.


Nah..ini dia si little chef, foto dulu sebelum adonan dipanggang....katanya mau makan cheesenya aja...;)



No comments: